MICROSOFT EXCEL 2013
Microsoft
Excel 2013 adalah General Purpose Electronic
Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir,
menghitung, menyediakan maupun menganalisa data -data dan
mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik atau diagram. Kemudahan lain yang
diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel
dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel
maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat
beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja
dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns)
dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf
A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan
dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan
berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan
kolom disebut sel (cell), misal, pada
perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel
yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
Berikut ini adalah tampilan Ms. Excel 2013
Nomor:
- Quick Tool Bar,
Merupak tool yang disediakan di halaman kerja Ms. Excel 2013 untuk memudahkan pengguna
menyimpan dan menggunakan tool lain yang telah di set didalamnya.
- Title Bar, Merupakan
Judul dari halaman kerja pada saat mengedit. Jika dokumen ms. excel 2013disimpan dengan nama terterntu.
Misalkan disimpan dengan nama "Gaji Bonus Kayanan Ais
Sportwww.GradeOri.tk bulan 1 Desember 2014"
maka pada title bar juga akan berupah sesuai dengan nama tadi.
- Menu Bar, Pada
bagian ini semua pengaturan ditempatkan, baik itu edit samapi pada
formula. Semua disediakan disini. Akan tetapi anda bisa langsung
menempatkan tool yang ada di tempatkan di Quick tool bar, atau juga telah
disediakan di Ribbon.
- Windws Control, Pada
halaman kerja microsoft excel 2013 windows kontrol berfungsi sebagaimanawindows control programs yang ada di windows.
yaotu berfungsi untuk meminimaz windows, atau maksimalkan jendela kerja.
- Ribbon, pada
bagian ini isi sebenarnya juga hampir sama seperti Menu bar, yaitu letak
kumpulan bergai tool untuk mengedit atau bekerja di halaman kerja
microsoft excel 2013.
- Name Box,
Menunjukan posisi pointer berada, Jadi dimana ketika anda memindahkan
ponter ke letak yang lain secara automatis Name Box ini berubah.
- Format Bar,
Merupakan form edit formula tambah kurang rata-rata dan lain sebagainya
untuk mendapatkan suatu hasil dari logika yang di ketikan didalamnya.
- Hiden Ribbon Control, Jika
tanda panah di klik maka secara automatis ribbon akan disenbunyikan dan
halaman kerja ms. excel 2013 akan diperlebar.
- All Select, Di
ms. excel 2013 ketika mau menyeleksi keseluruhan pointer maka selain
menggunakan ctrl + a klik All Select juga cukup membantu.
- Pointer,
merupakan form input variabel karakter untuk bisa digunakan dalam
penggunaan suatu rumus.
- Colom,
mrupakan deretan kebawah
- Row, merupakan deretan kesamping
- Top Vertical Scroll Bar, jika
ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja ms. excel 2013
- Down Vertical Scroll Bar,jika
ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja ms. excel 2013
- Sheet Control, pada
bagian kiri memberikan arahan untuk pindah di Sheet ke kiri satu langkah
ketika di klik begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
- Sheet Active,
menunjukan halaman kerja yang aktif pada ms. Excel 2013.
- Plus Sheet,
Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet
2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya
- Lift Horizontal Scroll Bar, jika
di klik makan anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja yang
sebelumnya tidak terlihat.
- Rigth Horizontal Scroll Bar,
jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kanan halaman kerja
yang sebelumnya tidak terlihat.
- View Mode Tool Bar,
Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang
di klik.
- Zoom Control,
memberikan kontrol kepada penggunaan microsoft
excel 2013 untuk meper besar pointer atau memperkecil ponter.
Menu HOME
Pembahasan
kali ini adalah mengenai Fungsi Tab Home Microsoft Office 2013 yang terletak
di Menu Bar.
Secara default Menu Bar Tab Home terbagi menjadi 7 menu bagian, yaitu: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells dan Editing, dan kita akan mempelajarinya tahap demi tahap
1.
Clipboard, (klik panah di pojok kanan
bawah untuk melihat versi lengkapnya)
Secara umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan tempel menempel obyek, baik berupa teks maupun image, pada bagian ini ada beberapa sub menu, seperti
Secara umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan tempel menempel obyek, baik berupa teks maupun image, pada bagian ini ada beberapa sub menu, seperti
1.
Paste (Ctrl + V), Berguna untuk menempelkan obyek
pada suatu tempat (cell). Perintah paste bisa digunakan jika sebelumnya sudah
menggunakan Cut atau Copy.
2.
Cut (Ctrl + X), berfungsi untuk mengeksekusi sutau
obyek baik berupa teks atau image dengan menghilangkan obyek aslinya.
3.
Copy (Ctrl + C), fungsinya hampir sama dengan Cut,
namun untuk tombol ini tidak menghilangkan obyek aslinya. Untuk menggunakan
fungsi diatas lazimnya dengan urutan seperti ini. Select Obyek (teks atau
image) - Copy / Cut - Paste.
4.
Format Painter, berfungsi untuk menirukan
format yang telah disetting sebelumnya, penjelasannya adalah, jika kamu ingin
menerapkan setting pada obyek baru tanpa harus setting ulang, letakkan kursor
pada obyek yang telah disetting dan tekan Format Painter lalu
pindahkan cursor pada obyek yang ingin di samakan setingnya dan tekan Format
Painter kembali.
2.
Font. (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat
versi lengkapnya)
Secara umum Font adalah icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan suatu obyek, baik jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan lain-lain, Mas Trigus akan menjelaskannya
Secara umum Font adalah icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan suatu obyek, baik jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan lain-lain, Mas Trigus akan menjelaskannya
1.
Font, Font adalah jenis tulisan yang dipakai, umumnya Font
default lembar kerja MS. Excel 2013 adalah Calibri, jika kamu ingin mengubah
jenis tulisannya, klik tanda panah dan pilihlah Font sesuai keinginan kamu,
lazimnya sebuah tulisan memakai jenis Arial, Times News Romas, Tahoma.
2.
Font Size. adalah icon yang berfungsi untuk
menentukan ukuran Font, secara default berukuran 11.
3.
Increase Font Size, menentukan besar font dalam sekali
klik (1 tingkat pembesaran Font)
4.
Decrease Font Size, menentukan kecil font dalam
sekali klik (1 tingkat pengecilan Font)
5.
Bold (Ctrl + B), icon B berguna untuk mengatur ketebalan font.
6.
Italic (Ctrl + i), icon I berguna untuk
mengatur font menjadi miring kekanan.
7.
Underline (Ctrl + U) icon U berguna untuk memberikan garis bawah pada
tulisan
8.
Borders, berfungsi untuk memunculkan garis
pada Cell, bagian ini mempunyai banyak pilihan, kamu bisa mengaturnya sesuai
kebutuhan.
9.
Fill Color, berfungsi untuk memberikan warna
pada Cell, kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
10. Font
Color, berfungsi
untuk memberikan warna pada Font. kamu bisa memilih berbagai pilihan warna
yang telah disediakan.
3.
Alignment. (klik panah di pojok kanan bawah
untuk melihat versi lengkapnya)
Secara umum adalah kumpulan icon yang mengatur tata letak penulisan pada Cell serta mengatur Cell itu sendiri, ada beberapa icon seperti
Secara umum adalah kumpulan icon yang mengatur tata letak penulisan pada Cell serta mengatur Cell itu sendiri, ada beberapa icon seperti
1.
Top Align, mengatur posisi teks pada cell
tepat di atas
2.
Middle Align, mengatur posisi teks pada cell
tepat di tengah
3.
Bottom Align, mengatur posisi teks pada cell
tepat di bawah
4.
Align Left, mengatur posisi teks pada
cell rata kiri
5.
Center, mengatur posisi teks pada cell tepat ditengah
6.
Align Right, mengatur posisi teks pada
cell rata kanan.
7.
Orientation, mengatur posisi teks dari kiri
kekanan, bawah keatas, atas kebahwah, diagonal dll
8.
Decrease Indent, memindahkan teks dalam cell ke
kiri
9.
Increase Indent, memindahkan teks dalam cell ke
kanan
10. Wrap
Text, berfungsi
untuk menentukan letak teks sesuai ukuran cell
11. Merge
& Center, berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell menjadi 1
4.
Number Semua icon perintah yang terdapat di
group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu cell. Group Number
terdiri dari: (1) Number Format, (2) Accounting Number Format, (3) Percent
Style, (4) Comma Style, (5) Increase Decimal, dan (6) Decrease Decimal.
1.
Number Format, digunakan untuk mengatur format
tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Disini user dapat
memilih opsi format data numeruk sesuai kebutuhan. Ada format Percentage untuk
format persentase, dengan format jenis ini user dapat langsung menampilkan
nilai persentase suatu data numerik tanpa perlu memasukkan rumus tertentu ke
dalam cell.
2.
Accounting, digunakan untuk mengatur format
harga sesuai dengan spesifikasi mata uang. Dengan format ini user tidak perlu sibuk
lagi mengetik Rp (untuk rupiah). Seleksi daerah cell tertentu, lalu pilih salah
satu opsi mata uang tertentu disini. Maka cell yang dipilih tadi akan
menampilkan secara otomatis karakter mata uang.
3.
Percent Style, digunakan untuk memformat suatu
data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara
otomatis pada sel yang telah diformat.
4.
Comma Style, digunakan untuk menampilkan angka
desimal sebagai angka bulat.
5.
Increase Decimal, digunakan untuk menambah jumlah
digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200 –> 1200,0 –>
1200,00 dan seterusnya.
6.
Decrease Decimal, digunakan untuk mengurangi jumlah
digit setelah koma dalam angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari Increase
Decimal. Bila dalam satu range terdiri dari angka desimal dengan separasi yang
berbeda, user dapat menyeragamkannya dengan perintah ini. Misal,
{3,9}{3,5}{8,12} maka setelah di-Increase Decimal akan menjadi
{3,90}{3,50}{8,12} sehingga separasi desimal menjadi sepadan.
5.
Styles
Berfungsi untuk pemformatan cell.
Dalam group ini terdapat 3 menu utama: (1) Conditional Formatting, (2) Format
as Table, dan (3) Cell Styles.
1.
Conditional Formatting, digunakan untuk memformat cell
sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam cell tersebut. User dapat
memvisualisasikan data dalam cell secara langsung di cell yang
bersangkutan. Jadilah visualisasi sederhana dari dari
data dalam cell. User dipersilahkan memilih jenis visualisasi
data yang diinginkan. Blok range data, klik Conditional Formatting ini, maka
kondisi data akan tervisualisasikan di dalam cell itu sendiri.
2.
Format as Table, dengan menu ini user dapat
memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler,
namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak
norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
3.
Cell Styles, menu ini berfungsi untuk memformat
suatu setiap cell sesuai sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya. Dengan nemu
opsi ini user mendesain lembar kerja dengan cell yang terklasifikasi dengan
menggunakan warna sebagai kode hierarki. Setiap warna dapat menjelaskan
berbagai kondisi dan status dari tiap. cell. Bila menu Conditional Formatting
bertugas untuk tujuan visualisasi data number saja di dalam cell, maka Cell
Styles ini bertugas untuk men-setting cell tanpa melihat, apakah data number
atau karakter. Sehingga user dapat memberikan klasifikasi cell dengan warna
tertentu. Lagi-lagi user ditawari sebuah solusi untuk memberikan kesan bahwa ia
bukanlah officer yang monoton, Kesan artistik dan estetik bisa didapat disini,
tentunya prosedur yang ditawarkan disini sesuai dengan misi Microsoft sebagai
aplikasi yang menitikberatkan efisiensi waktu bagi para user-nya.
6.
CellsMenu parintah di group Cells ini digunakan untuk
melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja Excel. Dalam group
ini terdapat 3 icon perintah: (1) Insert, (2) Delete, (3) Format.
1.
Insert, digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di
tengah-tengah sel yang sudah terisi data. Ini sangat berguna bagi user yang
merasa perlu menambahkan barisan sel atau kolom lagi di tengah data yang telah
berjejer.
2.
Detele, dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom
aktif. Ini sangat berguna saat user merasa perlu menghapus barisan kolom maupun
range data lainnya di tengah lembar kerja. Bila dalam masalah ini user
menggunakan tombol Delete di keybord, maka yang akan terhapus hanya data dalam
sel saja, sementara selnya tidak ikut terhapus. Dengan perintah Delete disini
maka yang terhapus data dan sel terpilih secara bersamaan.
3.
Format, digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan
kolom yang sedang terpilih. Dengan perintah ini user memungkinkan untuk
mengatur lebar sel maupun lebar kolom yang terseleksi. Suatu kasus yang
terjadi, misalnya sel sudah tidak dapat lagi menampung karakter yang ukurannya
lebih besar dibanding ukuran sel tersebut. Persis seperti “gajah masuk kandang
kambing.” atau “baju bayi dipakai dewasa bertubuh tambun.” Agar tidak seperti
itu maka user perlu melakukan setting lebar kolom maupun sel.
MENU INSERT
Tab insert
terbagi menjadi 11 group windows (jendela), dimulai dariTables,
Illustrations, Apps, Charts, Report, Sparklines, Filters, Links, Text, Symbol dan
disetiap group memuat beberapa icon yang semuanya berfungsi jika digunakan
dengan benar.
Penjelasan
Menu Tab Insert di Microsoft Excel 2013
1.
Tables
Group ini berisi icon-icon yang
berfungsi untuk membuat tabulasi data atau istilah saya adalah untuk membuat
group data, ada beberapa icon didalam group tables:
1.
Privot Table, Disini terdapat dua icon perintah
Pivot Table sendiri dan Pivot Chart. Pivot Table digunakan untuk menyisiipkan
lembar kerja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris. Perintah ini
digunakan untuk mengkompilasi atau mengelompokkan data sesuai dengan field atau
judul tabel di alamat kolom atau di baris cell.
2.
Recommended Privot Tables, berfungsi untuk membuat
privot table sesuai template yang telah disediakan oleh pengembang.
3.
Table, icon ini digunakan untuk menyisipkan tabulasi
(table) dari data yang sudah dipilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah
untuk disortir atau disaring berdasarkan kriteria tertentu. baik dari urutan
abjad A-Z atau Z-A, waktu dll.
2.
Ilustrations
Adalah sekumpulan icon yang digunakan untuk menyisipkan objek visual ke dalam lembar kerja. ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
Adalah sekumpulan icon yang digunakan untuk menyisipkan objek visual ke dalam lembar kerja. ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
1.
Pictures, berfungsi untuk menyisipkan gambar kedalam
lembar kerja, sebagai pertimbangan kamu, karena excel bukanlah aplikasi untuk
pengolah gambar, usahakan jangan melakukan insert gambar yang berukuran besar, karena
dapat memperlambat proses kerja Ms, Excel.
2.
Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon
picture, namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga kamu harus
tersambung ke internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu kamu juga dianjurkan
untuk login sesuai username yang telah kamu daftarkan di akun microsoft.
3.
Shapes, umumnya memiliki beberapa bentuk geometris
yang berguna untuk menyiyisipkan bentuk-bentuk geomatris tersebut kedalam
lembar kerja. (klik shapes pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan
seperti gambar dibawah ini):
4.
SmartArt, berfungsi untuk menyisipkan objek hierarkis
kedalam lembar kerja berdasarkan data yang telah di input,
bentuk-bentuknya sudah ditetukan, kamu hanya perlu mengisi datanya
saja. (klik SmartArt pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan
seperti gambar dibawah ini)
5.
Screenshot, berfungsi untuk menangkap tampilan layar
aktif pada windows untuk disisipkan kedalam lembar
kerja, screensot defaul biasanya akan menampilkan seluruh halaman
aktif (maximize), untuk membuat screenhot sesuai keinginanmu gunakan screen
clipping (klik screenshot dan pilih Screen Clipping.
3.
Appsforoffice
Gunakan hanya jika kamu mempunyai aplikasi Microsoft Office premium
Gunakan hanya jika kamu mempunyai aplikasi Microsoft Office premium
4.
Charts
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan data numerik kedalam grafik maupun bentuk grafik lainnya meliputi Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (scatter), Radar dan Combo. Chart hanya berfungsi jika ada data yang telah di input sebelumnya. (nanti akan dijelaskan). perhatikan gambar dibawah ini:
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan data numerik kedalam grafik maupun bentuk grafik lainnya meliputi Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (scatter), Radar dan Combo. Chart hanya berfungsi jika ada data yang telah di input sebelumnya. (nanti akan dijelaskan). perhatikan gambar dibawah ini:
1.
Privot Chart, fungsinya hampir sama dengan privot
table, perbedaannya hanya pada tampilan, jika privot table mengelompokkan data
berdasarkan kategori tertentu, maka privot chart mengelompokkan data untuk
ditampilkan kedalam bentuk grafik.
5.
Reports
Berfungsi membuat lembar laporan kedalam bentuk yang lebih profesional, cara ini bisa digunakan dengan mengaktifkan Power View terlebih dahulu. selain itu agar fungsi ini dapat bekerja dengan baik, kamu harus mengintsal Silverlight di komputermu (ada pembahasan lanjut).
Berfungsi membuat lembar laporan kedalam bentuk yang lebih profesional, cara ini bisa digunakan dengan mengaktifkan Power View terlebih dahulu. selain itu agar fungsi ini dapat bekerja dengan baik, kamu harus mengintsal Silverlight di komputermu (ada pembahasan lanjut).
6.
Sparklines
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan mini chart kedalam cell. jadi Sparklines merupakan versi mini dari chart karena hanya membutuhkan ruang satu Cell saja. cara menggunakannya cukup mudah, namun tidak saya jelaskan disini, (ada pembahasan lanjut).
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan mini chart kedalam cell. jadi Sparklines merupakan versi mini dari chart karena hanya membutuhkan ruang satu Cell saja. cara menggunakannya cukup mudah, namun tidak saya jelaskan disini, (ada pembahasan lanjut).
7.
Filters
Fungsi ini merupakan fungsi yang paling saya gemari, karena saya dapat membuat filtering data yang cantik, fungsi Slicer dan Timeline merupakan paduan dari privot tables yang memungkinkan kita untuk bisa membuat dashboard pengolahan data. (ada pembahasan lanjut)
Fungsi ini merupakan fungsi yang paling saya gemari, karena saya dapat membuat filtering data yang cantik, fungsi Slicer dan Timeline merupakan paduan dari privot tables yang memungkinkan kita untuk bisa membuat dashboard pengolahan data. (ada pembahasan lanjut)
8.
Link / Hyperlink
Adalah fungsi yang memungkinkan para pengguna untuk membuat link internal maupun ekternal dalam lembar kerja, link yang bisa di masukkan hampir tidak terbatas.
Adalah fungsi yang memungkinkan para pengguna untuk membuat link internal maupun ekternal dalam lembar kerja, link yang bisa di masukkan hampir tidak terbatas.
9.
Text
Adalah sekumpulan icon yang berfungsi untuk mengatur menyisipkan obyek dalam bentuk Text, ada beberapa fungsi yang di berikan, seperti,
Adalah sekumpulan icon yang berfungsi untuk mengatur menyisipkan obyek dalam bentuk Text, ada beberapa fungsi yang di berikan, seperti,
1.
Text Box, menyisipkan kotak yang berisi teks, fungsi
ini tidak terikat oleh cell.
2.
Header & Footer, Lazimnya untuk menyisipkan obyek
di atas dan dibawah halaman, header footer berfungsi untuk memberikan nomor
pada halaman lembar kerja.
3.
WordArt, berfungsi untuk menyisipkan model text yang
artistik, juga tidak terikat oleh cell.
4.
Signature Line, berfungsi menyisipkan tanda tangan
digital (biasanya dalam bentuk teks) kedalam lembar kerja.
5.
Object, berfungi untuk menyisipkan obyek dengan
mengintregasikan aplikasi lain kedalam lembar kerja, nah fungsi ini bisa
digunakan untuk membuat barcode namun di komputer kamu harus terintasl aplikasi
Corel Draw.
10. Symbols
Kumpulan icon yang berfungsi untuk menyisipkan berbagai simbol kedalam lembar kerja. ada dua jenis simbol yang bisa dimasukkan.
Kumpulan icon yang berfungsi untuk menyisipkan berbagai simbol kedalam lembar kerja. ada dua jenis simbol yang bisa dimasukkan.
2.
Symbol, menyisipkan simbol-simbol yan ada didunia
kedalam lembar kerja.
MENU PAGE LAYOUT
Tab Page Layout pada umumnya adalah
kumpulan-kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak maupun
tampilan lembar kerja pada microsoft Excel, didalam Tab ini ada 5 group icon,
diantaranya Themes, Page Setup, Scale to Fit. Sheet Options, Arrange,
perhatikan gambar dibawah ini
Penjelasan Menu Tab Page Layout di Microsoft Excel 2013
1.
Themes
Adalah sekumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja, tema yang terdapat pada microsoft excel ini masih bisa dicustom sesuka hati meskipun secara default sudah di sediakan oleh pihak pengembang, ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
Adalah sekumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja, tema yang terdapat pada microsoft excel ini masih bisa dicustom sesuka hati meskipun secara default sudah di sediakan oleh pihak pengembang, ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
1.
Themes, untuk mengatur tampilan lembar kerja sesuai
yang telah disediakan, baik font dan warna lembar kerja. Fitur ini dapat
memberikan nuansa artistik selayaknya orang yang sudah profesional dalam hal
desain layout, sehingga ketika di printout, dokumen menjadi semakin baik dalam segi
pengaturan warna dan heading.
2.
Colors, untuk mengatur warna tema di lembar kerja.
jika didalam tema yang telah disediakan belum membuat kamu puas (khusus warna),
kamu bisa mengatur padua warnanya sesuai kesukaan kamu.
3.
Font, untuk mengatur jenis font (tulisan) tema di
lembar kerja, jika font yang di berikan oleh themes belum pas menurutmu, kamu
bisa mengubahnya lewat pengaturan ini.
4.
Effect, untuk mengatur efek shape yang digunakan pada
lembar kerja. Biasanya shape yang digunakan secara default belum memuat unsur
efek, dengan memakai fitur ini shape yang kamu masukkan didalam lembar kerja
akan mempunyai efek seperti bayangan maupun efek 2d atau 3d.
2.
PageSetup
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman seperti Margin (ukuran sisi kanan, kiri, atas, bawah), orientation (letak lembar kerja portrait atau landscape), ukuran kertas, Print are dan lain-lain. Group ini merupakan fitur paling penting dalam membuat suatu dokumen atau lembar kerja agar sesuai antara tampilan di layar monitor dan printout, ada beberapa icon yang mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya:
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman seperti Margin (ukuran sisi kanan, kiri, atas, bawah), orientation (letak lembar kerja portrait atau landscape), ukuran kertas, Print are dan lain-lain. Group ini merupakan fitur paling penting dalam membuat suatu dokumen atau lembar kerja agar sesuai antara tampilan di layar monitor dan printout, ada beberapa icon yang mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya:
1.
Margins, untuk mengatur ukuran lebar (batas) pada
keempat sisi lembar kerja, sisi yang dimaksud adalah sisi kanan, kiri, atas dan
bawah. didalam microsoft excel 2013 sebenarnya sudah di cantumkan setting
default ukuran batas margin, namun kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan.
2.
Orientation, untuk mengatur posisi lembar kerja
(kertas), apakah berdiri (portrait) atau tidur (landscape)
3.
Size, untuk mengatur ukuran lembar kerja sesuai dengan
dokumen yang akan dibuat, sebagai pertimbangan, jika kertas yang kamu gunakan
untuk printout adalah kertas A4, maka atur size didalam Excel kamu menjadi A4
juga.
4.
Print Area, untuk menentukan lembar kerja yang akan di
print didalam sheet aktif sesuai kebutuhan kamu, dengan fitur ini jika kamu
hanya ingin melaukan printout pada bagian tertentu dalam sheet aktif, maka
fitur ini bisa membantumu.
5.
Breaks, digunakan untuk memisahkan halaman, kolom
teks, dll. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk
memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi
tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman,
juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break
sebelumnya.
6.
Background, untuk menyisipkan gambar di latar belakang
pada lembar kerja
7.
Print Titles, digunakan untuk mencetak baris atau
kolom judul pada setiap page/halaman pada jumlah lembar yang banyak, sehingga
tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar pada M.S Excel.
3.
ScaletoFit
Adalah Kumpulan perintah yang berfungsi untuk mengatur Lebar, tinggi dan skala dalam lembar kerja. Didalam group ini telah disediakan pengaturan secara otomatis, namun masih bisa untuk di customisasi. Scale to fit termasuk kedalam group Page Setup, namun pihak pengembang aplikasi menaruhnya di ribbon agar memudahkan kita dalam bekerja.
Adalah Kumpulan perintah yang berfungsi untuk mengatur Lebar, tinggi dan skala dalam lembar kerja. Didalam group ini telah disediakan pengaturan secara otomatis, namun masih bisa untuk di customisasi. Scale to fit termasuk kedalam group Page Setup, namun pihak pengembang aplikasi menaruhnya di ribbon agar memudahkan kita dalam bekerja.
4.
Sheet options
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu sheet. perhatikan gambar diatas:
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu sheet. perhatikan gambar diatas:
1.
Gridlines, adalah garis bantu yang ada didalam lembar
kerja, garis bantu tersebut bisa dihilangkan dengan menghilangkan centang View
di bawah Gridlines, Seperti sifatnya yang merupakan garis bantu, secara default
garis tersebut tidak ikut keluar jika di printout, namun jika kamu ingin
menampilkannya di printout, centanglah kotak Print dibawah Gridlines.
2.
Heading, adalah huruf berurutan (atas) dan angka
berurutan (samping kiri) yang berguna untuk memberikan alamat pada satu cell.
untuk menghilangkannya dari tampilan monitor, klik kolom view dibawah heading.
Secara default heading tidak keluar jika diprintout, namun jika kamu ingin
menampilkannya pada hasil printout, silahkan centang kolom print dibawah
heading.
5.
Arrange
Adalah kumpulan icon aktif yang memiliki fungsi untuk mengatur letak posisi objek di antara teks, posisi objek dengan objek lainnya, mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
Adalah kumpulan icon aktif yang memiliki fungsi untuk mengatur letak posisi objek di antara teks, posisi objek dengan objek lainnya, mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
MENU FORMULA
Tab Formula merupakan
menu inti didalam mengelola aplikasi Microsoft Excel, karena dibagian menu
inilah fungsi utama dari Excel lebih ditonjolkan, perlu kita ingat bahwa
aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data
aritmetika dan statistik, jadi penekanannya lebih pada bidang numerik.
Fungsi dari Tab Formula pada umumnya adalah kumpulan group icon aktif yang bisa menjalankan perintah sesuai fungsinya masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini
Dari gambar diatas bisa dijelaskan bahwa tab formula berisi 4 group icon diantaranya Function Library, Defined Name, Formula Editing danCalculation, dari masing-masing group masih memiliki icon-icon aktif yang akan kita bahas satu persatu.
Penjelasan
Menu Tab Formula di Microsoft Excel 2013
1.
FunctionLibrary
Pada umumnya Group ini berisi kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk memasukkan formula (rumus) kedalam lembar kerja, mungkin Group inilah yang akan saya jelaskan panjang lebar nantinya, karena rumus-rumus yang ada di Excel lumayan banyak, saya akan menulisnya di artikel selanjutnya. Perlu diketahui, Group ini juga memiliki beberapa icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, seperti:
Pada umumnya Group ini berisi kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk memasukkan formula (rumus) kedalam lembar kerja, mungkin Group inilah yang akan saya jelaskan panjang lebar nantinya, karena rumus-rumus yang ada di Excel lumayan banyak, saya akan menulisnya di artikel selanjutnya. Perlu diketahui, Group ini juga memiliki beberapa icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, seperti:
1.
Insert Function, berfungsi untuk memasukkan fungsi
formula (rumus) kedalam cell.
2.
Autosum, berfungsi untuk melakukan
penghitungan cepat, namun secara default fungsi ini hanya untuk formula SUM
atau diartikan tambah (+), AVERAGE (rata-rata) MAX (nilai terbesar), MIN (nilai
terkecil), dan COUNT (total angka).
3.
Recently Used, berfungsi untuk
menggunakan formula yang pernah atau sering digunakan, rumus-rumus yang
pernah kamu gunakan akan terecord disini.
4.
Financial, berfungsi untuk memasukkan
fungsi formula (rumus) keuangan.
5.
Logical, berfungsi untuk emasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan logika, seperti IF (jika).
6.
Text berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang
berkaitan dengan teks
7.
Date & Time, berfungsi untuk memasukkan fungsi
formula yang berkaitan dengan waktu.
8.
Lookup & Reference, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan lookup (melihat)
dan referensi.
9.
More Function, berfungsi untuk memasukkan
fungsi-fungsi formula lain sesuai kebutuhan.
2.
DefinedName
Secara umum berfungsi untuk memberikan nama pada satu atau beberapa cell yang ada di sheet, pada settingan defaul nama cell akan selalu mengikuti Headings, semisal cel terletak di headings A1 maka nama cell yang digunakan juga A1, namun dengan Defined Manager cell bisa dinamai sesuai keinginanmu, ada beberapa icon dalam group ini:
Secara umum berfungsi untuk memberikan nama pada satu atau beberapa cell yang ada di sheet, pada settingan defaul nama cell akan selalu mengikuti Headings, semisal cel terletak di headings A1 maka nama cell yang digunakan juga A1, namun dengan Defined Manager cell bisa dinamai sesuai keinginanmu, ada beberapa icon dalam group ini:
1.
Name Manager, Icon yang berfungsi membuat,
mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook, jika sebelumnya
kamu pernah menamai cell, dengan meng klik icon ini maka akan ditampilkan
nama-nama tersebut.
2.
Define Name icon yang berfungsi untuk memberikan
nama pada cell
3.
Use in Formula memilih nama yang sebelumnya sudah
digunakan di workbook dan menggunakannya pada formula di cell
4.
Create From Selection, icon yang berfungsi untuk
membuat nama sel secara otomatis.
3.
FormulaAuditing
Secara umum berfungsi untuk menampilkan dan memeriksa serta melakukan edit formula yang digunakan pada suatu cell, ada beberapa icon dalam group ini:
Secara umum berfungsi untuk menampilkan dan memeriksa serta melakukan edit formula yang digunakan pada suatu cell, ada beberapa icon dalam group ini:
1.
Trace Precedent berfungsi untuk memperlihatkan
cell yang dipengaruhi oleh cell lain dengan tanda panah.
2.
Trace Dependent berfungsi untuk memperlihatkan cell yang berpengaruh terhadap cell lainnya dengan
tanda panah.
3.
Remove Arrows berfungsi untuk menghilangkan tanda
panah yang sebelumnya telah dibuat dengan fungsi Trace Precedent dan Trace
Dependent.
4.
Show Formulas (Ctrl+`) berfungsi untuk
menampilkan formula pada setiap sel yang menggunakan formula.
5.
Error Checking berfungsi untuk memeriksa formula
yang salah
6.
Evaluate Formula Adalah icon yang
menampilkan kotak dialog yang berisi tentang step by step cara kerja
formula.
7.
Watch Window adalah icon yang menampilkan kotak
dialog yang berfungsi untukmengawasi nilai beberapa cell saat dilakukan
perubahan pada lembar kerja.
4.
Calculation
Secara umum berfungsi untuk melakukan kalkulasi angka pada workbook, ada beberapa icon dalam group ini:
Secara umum berfungsi untuk melakukan kalkulasi angka pada workbook, ada beberapa icon dalam group ini:
1.
Calculation berfungsi untuk menentukan kapan
kalkulasi dilakukan
2.
Calculate Now berfungsi melakukan kalkuasi semua
workbook saat di klik
3.
Calculate Sheet berfungsi melakukan kalkulasi
pada sheet aktif saat di klik
MENU DATA
Fungsi dari
Tab Data pada umumnya adalah kumpulan icon-icon aktif yang berfungsi untuk
melakukan pengolahan data yang diambil dari data ekternal. salah satu kelebihan
microsoft excel ini adalah mampu mensinkronisasi data dari workbook dengan data
dari workbook lain, sehingga mampu mengolah data lebih detail dan lebih mudah.
perhatikan gambar dibawah ini
dari gambar diatas dapat dijelaskan
bahwa Tab Data terbagi menjadi 5 group icon, diantaranya adalah Get External Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, dan
Outline. Seperti biasa Mas Trigus akan membahasnya satu persatu
agar dapat dipahami dengan mudah.
Penjelasan
Menu Tab Formula di Microsoft Excel 2013
1.
GetExternalData
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengambil data dari data eksternal untuk kemudian diolah kedalam dokumen lembar kerja Excel, group ini memiliki beberapa icon aktif, diantaranya:
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengambil data dari data eksternal untuk kemudian diolah kedalam dokumen lembar kerja Excel, group ini memiliki beberapa icon aktif, diantaranya:
1.
From Acces, berfungsi untuk memasukkan data dari Microsoft
Acces.
2.
From Web, berfungsi untuk memasukkkan data dari Web,
salah satu syarat agar dapat digunakan dengan melalui online.
3.
From Text, berfungsi untuk memasukkan data dari teks
4.
From Other Sourches, berfungsi untuk memasukkan data
dari sumber lain, sumber-sumber itu bisa dari From SQL Server, From Analysis
Services, From Windows Azure Marketplace, From OData Data Feed, From XML Data
Import, From Data Connection Wizard, From Microsoft Query. Mas Trigus akan
menjelaskan satu-persatu dari cara mengunakan data dari eksternal pada lain
kesempatan.
5.
Existing Connections, berfungsi untuk memasukkan data
dari sumber yang pernah digunakan sebelumnya.
2.
Connections
Adalah kumpulan icon aktif yang berguna untuk mengolah data-data yang sudah di ambil (sinkron) sebelumnya, lebih gampangnya group ini adalah fungsi pendukung dari group Get External Data. beberapa icon aktif dari group ini adalah:
Adalah kumpulan icon aktif yang berguna untuk mengolah data-data yang sudah di ambil (sinkron) sebelumnya, lebih gampangnya group ini adalah fungsi pendukung dari group Get External Data. beberapa icon aktif dari group ini adalah:
1.
Refresh All, berfungsi untuk menyegarkan data-data
yang sudah disinkronkan dari sumber lain sebelumnya. Perlu kamu ketahui, biasanya
data dari sumber lain yang sudah diupdate datanya tidak langsung terbaca oleh
lembar kerja kita, hal mudah agar semua tersinkron dengan baik adalah dengan
melakukan refresh.
2.
Connections, berfungsi untuk menampilkan semua koneksi
yang ada di workbook sehingga kita tau dari mana saja sumber-sumber data yang
telah me link ke workbook.
3.
Properties, berfungsi untuk melakukan pengaturan atau
spesifikasi pada koneksi pada workbook.
4.
Edit Link, berfungsi untuk melakukan edit pada link
yang telah dibuat, semisal kita ingin melakukan perubahan link pada sumber
lain, kita bisa memakai icon ini.
3.
Sort&Filter
Berfungsi untuk melakukan pengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang kamu diharapkan, group ini mempermudah pengguna untuk melakukan penyajian data agar lebih mudah untuk dipahami. Beberapa icon aktif yang ada di group ini adalah:
Berfungsi untuk melakukan pengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang kamu diharapkan, group ini mempermudah pengguna untuk melakukan penyajian data agar lebih mudah untuk dipahami. Beberapa icon aktif yang ada di group ini adalah:
1.
Sort A to Z, mengurutkan data yang ada di cell dari
yang terkecil ke yang terbesar atau dari abjad A ke abjad Z, dari huruf 1
sampai huruf 9 (dan yang lebih besar.
2.
Sort Z to A, kebalikan dari sort A to Z, yaitu untuk
mengurukan data dari terbesar ke yang terkecil.
3.
Sort, berfungsi untuk menampilkan dialog pengaturan
sort yang lebih lengkap.
4.
Filter, berfungsi untuk melakukan penyaringan data di
cell sesuai yang diinginkan.
5.
Reapply, berfungsi untuk melakukan filter ulang
kembali.
6.
Advanced, berfungsi untuk melakukan filter lebih
spesifik.
4.
DataTools
Pada umumnya berfungsi untuk melakukan pengolahan data di cell, beberapa icon aktif pada group ini adalah:
Pada umumnya berfungsi untuk melakukan pengolahan data di cell, beberapa icon aktif pada group ini adalah:
1.
Text to Columns, berfungsi untuk melakukan pengolahan
tekt didalam cell untuk dipisahkan sesuai format yang ada, semisalnya didalam
satu cell ada tulisan seperti ini "Mas Trigus Ganteng" maka tulisan
tersebut dapat dipecah menjadi 3 cell dengan menggunakan format spaci sebagai
pemisahnya. icon ini sangat diperlukan ketika kita melakukan copy paste tulisan
dari word, text dll.
2.
Flash Fill, berfungi untuk menggabungkan dua kata
didalam 2 cell menjadi 1 cell, fungsi ini sangat penting untuk digunakan
menggabungkan nama lengkap yang terpisah dalam beberapa cell menjadi nama
lengkap didalam satu cell. biasanya kamu bisa menggunakan formula CONCACENATE,
namun Flash Fill bisa kamu gunakan lebih mudah lagi.
3.
Remove Duplicate, berfungi untuk menghilangkan value
ganda atau baris yang terduplikasi.
4.
Data Validation, melakukan cek dan mencegah data yang
tidak sah (valid) didalam cell.
5.
Consolidate, berfungsi untuk menyatukan beberapa range
kedalam satu range.
6.
What-If Analysis, berfungsi untuk mencoba beberapa
alternatif nilai pada formula.
5.
Outline
Pada umumnya berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana, ada 3 icon aktif didalam group ini:
Pada umumnya berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana, ada 3 icon aktif didalam group ini:
1.
Group, berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris
cell panjang menjadi kelompok yang lebih pendek.
2.
Ungroup, kembalikan dari group, berfungsi untuk
menampilkan baris data yang sebelumnya sudah di group.
3.
Subtotal, berfungsi untuk menghitung total beberapa
baris data yang berhubungan.
MENU REVIEW
Fungsi Tab Review secara umum adalah
icon aktif yang berfungsi untuk memeriksa ejaan penulisan, menterjemahakan
bahasa penulisan kedalam bahasa lain, memberikan catatan (penjelasan) didalam
cell dan melindungi (protect) cell, sheet maupun workbook dengan password,
untuk selanjutnya mas trigus akan membahas lebih detail bagaimana cara melindungi
data excel kamu agar aman.
Didalam menu bagian Review ini terbagi menjadi beberapa group icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:
Tampilan Tab Review
|
Dari gambar diatas dapat dijelaskan
bahwa Tab Review memiliki 4 group icon aktif, diantaranya Proofing, Language, Comment danChanges.
Seperti biasanya Mas Trigus akan menjelaskannya satu persatu fungsi dari
masing-masing icon.
Penjelasan
Menu Tab Review di Microsoft Excel 2013
1.
Proofing
Berfungsi untuk melakukan control bahasa yang digunakan didalam sheet, baik untuk mengecek kesalahan penulisan , mencari arti kata (terjemah), dan mencari kata dari data lain. ada 3 icon aktif, diantaranya:
Berfungsi untuk melakukan control bahasa yang digunakan didalam sheet, baik untuk mengecek kesalahan penulisan , mencari arti kata (terjemah), dan mencari kata dari data lain. ada 3 icon aktif, diantaranya:
1.
Spelling, berfungsi untuk mengecek ejaan teks yang
benar sesuai kamus di microsoft excel 2013, secara default kamus yang telah
disediakan berbahasa inggris, namun kamu dapat melakukan penambahan bahasa
indonesia.
2.
Research, berfungsi menampilkan kotak dialog (terletak
dikanan jika diklik) kamus untuk dijadikan refernsi penulisan ejaan yang benar.
3.
Thesaurus, berfungsi untuk menampilkan alternatif kata
dari teks yang diketikkan di cell.
2.
Languange
Berfungsi untuk menterjemahkan kata-kata yang telah di masukkan didalam cell, dari bahasa satu ke bahasa lain, kamu harus menginstal kamus bahasa indonesia terlbih dahulu didalam excel jika ingin menterjemahkan kata kedalam bahasa indonesia.
Berfungsi untuk menterjemahkan kata-kata yang telah di masukkan didalam cell, dari bahasa satu ke bahasa lain, kamu harus menginstal kamus bahasa indonesia terlbih dahulu didalam excel jika ingin menterjemahkan kata kedalam bahasa indonesia.
3.
Comment,
Berfungsi untuk menyisipkan komentar atau catatan didalam cell, icon ini sangat berfungsi sekali jika kamu sedang membuat dokumen untuk digunakan orang lain agar dapat mengoperasikan dokumen sesuai maksud kamu. ada beberapa icon diantaranya:
Berfungsi untuk menyisipkan komentar atau catatan didalam cell, icon ini sangat berfungsi sekali jika kamu sedang membuat dokumen untuk digunakan orang lain agar dapat mengoperasikan dokumen sesuai maksud kamu. ada beberapa icon diantaranya:
1.
New Comment, berfungsi untuk menambahkan komentar baru
didalam cell yang belum ada komentarnya.
2.
Delete, berfungsi untuk menghapus komentar yang ada di
cell (jika sebelumnya sudah dimasukkan).
3.
Previous, berfungsi untuk melihat komentar sebelumnya.
4.
Next, berfungsi untuk melihat komentar selanjutnya.
5.
Show/Hide Comment, berfungsi untuk menampilkan atau
menyembunyikan komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus diklik atau
mendekatkan cursor.
6.
Show All Comment, berfungsi untuk menampilkan semua
komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus di klik atau mendekatkan
cursor.
7.
Show Ink, menampilkan atau menyembunyikan ink didalam
cell.
4.
Changes
Berfungsi melindungi sheet atau workbook dengan password sesuai kriteria yang diinginkan oleh user, ada beberapa icon aktif didalam group ini:
Berfungsi melindungi sheet atau workbook dengan password sesuai kriteria yang diinginkan oleh user, ada beberapa icon aktif didalam group ini:
1.
Protect Sheet, berfungsi untuk mengunci Sheet dengan
password.
2.
Protect Workbook, berfungsi untuk mengunci
workbook dengan password.
3.
Share Workbook, berfungsi untuk berbagi workbook
sehingga memungkinkan untuk di edit oleh beberapa orang.
4.
Allow User to Edit Ranges, berfungsi untuk
memberikan hak akses kepada pengguna lain untuk bisa melakukan editing range.
5.
Track Changes, berfungsi untuk untuk menelusuri
perubahan yang dilakukan jika worbook digunakan bersama-sama.
MENU VIEW
Fungsi Tab View pada umumnya adalah
kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk melakukan view (melihat tampilan)
excel untuk disesuaikan dengan hasil printout, memperbesar tampilan lembar
kerja (zoom in dan zoom out), menampilkan lembar kerja sesuai keinginan, dan
untuk melakukan properti lembar kerja dengan fasilitas Visual Basic (VBA).
Ada beberapa group icon aktif didalam Tab View yang mempunyai fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:
Ada beberapa group icon aktif didalam Tab View yang mempunyai fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:
Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab View mempunyai 5 Group diantaranya: Workbook View, Show, Zoom, Window danMacros. Seperti biasanya Mas Trigus akan menjelaskan fungsi dari masing-masing icon:
Penjelasan
Menu Tab Review di Microsoft Excel 2013
1.
WorkbookViews
Berfungsi untuk melihat tampilan workbook sesuai yang diinginkan user, tampilan ini juga membantu untuk melihat tampilan lembar kerja sebelum di print out, ada beberapa icon aktiof didalam group ini:
Berfungsi untuk melihat tampilan workbook sesuai yang diinginkan user, tampilan ini juga membantu untuk melihat tampilan lembar kerja sebelum di print out, ada beberapa icon aktiof didalam group ini:
1.
Normal, berfungsi untuk melihat tampilan workbook
secara normal (default)
2.
Page Break View, berfungsi untuk melihat tampilan
workbook dengan garis pemisah antar halaman satu dan selanjutnya. halaman aktif
yang ikut terprint pada umumnya berwarna putih, sedangkan halaman yang tidak
ikut terprint berwarna abu-abu.
3.
Page Layout, berfungsi untuk menampilkan lembar
kerja berdasarkan lembar masing-masing. tampilan ini akan sesuai ketika lembar
kerja telah di print out.
4.
Custom Views, berfungsi untuk menampilkan,
menambah dan menyimpan hasil settingan.
2.
Show
Pada umumnya berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan garis, kotak formula, kotak heading didalam lembar kerja, sebenarnya fungsi ini sudah ditampilkan di Tab Page layout didalam group Sheet Options.
Pada umumnya berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan garis, kotak formula, kotak heading didalam lembar kerja, sebenarnya fungsi ini sudah ditampilkan di Tab Page layout didalam group Sheet Options.
1.
Ruler, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan
garis.
2.
Gridlines, berfungsi untuk
menampilkan/menyembunyikan garis bantu lembar kerja.
3.
Formula Bar, berfungsi untuk
menampilkan/menyembunyikan kotak formula.
4.
Heading, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan
kotak heading (1 dst dan A dst).
3.
Zoom
Pada umumnya berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja sesuai keinginan user, beberapa icon aktif didalam group ini adalah:
Pada umumnya berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja sesuai keinginan user, beberapa icon aktif didalam group ini adalah:
1.
Zoom, berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil
tampilan sesuai keinginan user, ketika di klik akan tampil dialog pilihan
ukuran zoom, diantaranya 200%, 100%, 75%, 50%, 25%, Fii selection (sesuai lebar
windows) dan Custom (sesuai keinginan user).
2.
100%, berfungsi untuk mengembalikan tampilan ke ukuran
100% dengan satu kali klik.
3.
Zoom to Selection, berfungsi untuk memperbesar
dan memperkecil tampilan sesuai dengan bidang seleksi cursor.
4.
Windows
Pada umumnya berfungsi untuk mengelola tampilan lembar kerja agar menyesuaikan tampilan windows dan membuat dokumen baru, ada beberapa icon aktif, diantaranya:
Pada umumnya berfungsi untuk mengelola tampilan lembar kerja agar menyesuaikan tampilan windows dan membuat dokumen baru, ada beberapa icon aktif, diantaranya:
1.
New Windows, berfungsi untuk membuat jendela baru
(dokumen baru).
2.
Arrange All, berfungsi untuk mengatur semua
jendela program sejajar berdampingan.
3.
Frezee Panes, berfungsi untuk membuat sebagian
lembar kerja tetap terlihat saat melakukan scrool mouse (menggulung).
4.
Split, berfungsi untuk membagi lembar kerja
menjadi beberapa bagian.
5.
Hide, berfungsi untuk menyembunyikan lembar kerja
yang telah dipilih.
6.
Unhide, berfungsi untuk menampilkan lembar kerja
yang telah di sembunyikan.
7.
View Side by Side, berfungsi untuk menampilkan 2
atau lebih workbook (jendela lembar kerja aktif) secara berdampingan.
8.
Sychronous Scrolling, berfungsi untuk
mensinkronkan 2 lembar kerja agar dapat menggulung bersamaan saat di scrool.
9.
Reset Windows Position, berfungsi
untuk memposisikan ulang jendela lembar kerja yang berdampingan.
10. Switch
Windows, berfungsi untuk memindahkan dari satu jendela aktif ke kendela
aktif lainnya.
5.
Macros
Berfungsi untuk memperlihatkan Macros pada lembar kerja. untuk penjelasan macros, saya usahakan untuk membahasnya sendiri.
Berfungsi untuk memperlihatkan Macros pada lembar kerja. untuk penjelasan macros, saya usahakan untuk membahasnya sendiri.
No comments:
Post a Comment