Tuesday, 6 October 2015

BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2013

MICROSOFT EXCEL 2013
Microsoft Excel 2013 adalah  General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun  menganalisa  data -data  dan mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook)  siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet). 
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns)  dan 65536 baris  (rows).  Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris  dilambangkan  dalam  bentuk  angka  1,  2,  3  dan  berakhir  pada  65536. Perpotongan  antara baris  dan  kolom  disebut  sel  (cell),  misal,  pada  perpotongan  kolom  B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif. 

            Berikut ini adalah tampilan Ms. Excel 2013
Lembar Kerja Microsoft Excel 2013.png
Nomor:
  1. Quick Tool Bar, Merupak tool yang disediakan di halaman kerja Ms. Excel 2013 untuk memudahkan pengguna menyimpan dan menggunakan tool lain yang telah di set didalamnya.
  2. Title Bar, Merupakan Judul dari halaman kerja pada saat mengedit. Jika dokumen ms. excel 2013disimpan dengan nama terterntu. Misalkan disimpan dengan nama "Gaji Bonus Kayanan Ais Sportwww.GradeOri.tk bulan 1 Desember 2014" maka pada title bar juga akan berupah sesuai dengan nama tadi.
  3. Menu Bar, Pada bagian ini semua pengaturan ditempatkan, baik itu edit samapi pada formula. Semua disediakan disini. Akan tetapi anda bisa langsung menempatkan tool yang ada di tempatkan di Quick tool bar, atau juga telah disediakan di Ribbon.
  4. Windws Control, Pada halaman kerja microsoft excel 2013 windows kontrol berfungsi sebagaimanawindows control programs yang ada di windows. yaotu berfungsi untuk meminimaz windows, atau maksimalkan jendela kerja.
  5. Ribbon, pada bagian ini isi sebenarnya juga hampir sama seperti Menu bar, yaitu letak kumpulan bergai tool untuk mengedit atau bekerja di halaman kerja microsoft excel 2013.
  6. Name Box, Menunjukan posisi pointer berada, Jadi dimana ketika anda memindahkan ponter ke letak yang lain secara automatis Name Box ini berubah.
  7. Format Bar, Merupakan form edit formula tambah kurang rata-rata dan lain sebagainya untuk mendapatkan suatu hasil dari logika yang di ketikan didalamnya.
  8. Hiden Ribbon Control, Jika tanda panah di klik maka secara automatis ribbon akan disenbunyikan dan halaman kerja ms. excel 2013 akan diperlebar.
  9. All Select, Di ms. excel 2013 ketika mau menyeleksi keseluruhan pointer maka selain menggunakan ctrl + a klik All Select juga cukup membantu.
  10. Pointer, merupakan form input variabel karakter untuk bisa digunakan dalam penggunaan suatu rumus.
  11. Colom, mrupakan deretan kebawah
  12. Row, merupakan deretan kesamping
  13. Top Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja ms. excel 2013
  14. Down Vertical Scroll Bar,jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja ms. excel 2013
  15. Sheet Control, pada bagian kiri memberikan arahan untuk pindah di Sheet ke kiri satu langkah ketika di klik begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
  16. Sheet Active, menunjukan halaman kerja yang aktif pada ms. Excel 2013.
  17. Plus Sheet, Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet 2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya
  18. Lift Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  19. Rigth Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kanan halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  20. View Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik.
  21. Zoom Control, memberikan kontrol kepada penggunaan microsoft excel 2013 untuk meper besar pointer atau memperkecil ponter.

Menu HOME
Pembahasan kali ini adalah mengenai Fungsi Tab Home Microsoft Office 2013 yang terletak di Menu Bar.
tab Home.JPG
 Secara default Menu Bar Tab Home terbagi menjadi 7 menu bagian, yaitu: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells dan Editing, dan kita akan mempelajarinya tahap demi tahap
1.      Clipboard, (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
Secara umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan tempel menempel obyek, baik berupa teks maupun image, pada bagian ini ada beberapa sub menu, seperti
1.      Paste (Ctrl + V), Berguna untuk menempelkan obyek pada suatu tempat (cell). Perintah paste bisa digunakan jika sebelumnya sudah menggunakan Cut atau Copy.
2.      Cut (Ctrl + X), berfungsi untuk mengeksekusi sutau obyek baik berupa teks atau image dengan menghilangkan obyek aslinya.
3.      Copy (Ctrl + C), fungsinya hampir sama dengan Cut, namun untuk tombol ini tidak menghilangkan obyek aslinya. Untuk menggunakan fungsi diatas lazimnya dengan urutan seperti ini. Select Obyek (teks atau image) - Copy / Cut - Paste.
4.      Format Painter, berfungsi untuk menirukan format yang telah disetting sebelumnya, penjelasannya adalah, jika kamu ingin menerapkan setting pada obyek baru tanpa harus setting ulang, letakkan kursor pada obyek yang telah disetting dan tekan Format Painter lalu pindahkan cursor pada obyek yang ingin di samakan setingnya dan tekan Format Painter kembali.
2.      Font. (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
Secara umum Font adalah icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan suatu obyek, baik jenis tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan lain-lain, Mas Trigus akan menjelaskannya
1.      Font, Font adalah jenis tulisan yang dipakai, umumnya Font default lembar kerja MS. Excel 2013 adalah Calibri, jika kamu ingin mengubah jenis tulisannya, klik tanda panah dan pilihlah Font sesuai keinginan kamu, lazimnya sebuah tulisan memakai jenis Arial, Times News Romas, Tahoma.
2.      Font Size. adalah icon yang berfungsi untuk menentukan ukuran Font, secara default berukuran 11.
3.      Increase Font Size, menentukan besar font dalam sekali klik (1 tingkat pembesaran Font)
4.      Decrease Font Size, menentukan kecil font dalam sekali klik (1 tingkat pengecilan Font)
5.      Bold (Ctrl + B), icon B berguna untuk mengatur ketebalan font.
6.      Italic (Ctrl + i), icon I  berguna untuk mengatur font menjadi miring kekanan.
7.      Underline (Ctrl + U) icon berguna untuk memberikan garis bawah pada tulisan
8.      Borders, berfungsi untuk memunculkan garis pada Cell, bagian ini mempunyai banyak pilihan, kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
9.      Fill Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Cell, kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
10.  Font Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Font. kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
3.      Alignment. (klik panah di pojok kanan bawah untuk melihat versi lengkapnya)
Secara umum adalah kumpulan icon yang mengatur tata letak penulisan pada Cell serta mengatur Cell itu sendiri, ada beberapa icon seperti
1.      Top Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di atas
2.      Middle Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di tengah
3.      Bottom Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di bawah
4.      Align Left, mengatur posisi teks pada cell rata kiri
5.      Center, mengatur posisi teks pada cell tepat ditengah
6.      Align Right, mengatur posisi teks pada cell rata kanan.
7.      Orientation, mengatur posisi teks dari kiri kekanan, bawah keatas, atas kebahwah, diagonal dll
8.      Decrease Indent, memindahkan teks dalam cell ke kiri
9.      Increase Indent, memindahkan teks dalam cell ke kanan
10.  Wrap Text, berfungsi untuk menentukan letak teks sesuai ukuran cell
11.  Merge & Center, berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell menjadi 1 
4.      Number Semua icon perintah yang terdapat di group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu cell. Group Number terdiri dari: (1) Number Format, (2) Accounting Number Format, (3) Percent Style, (4) Comma Style, (5) Increase Decimal, dan (6) Decrease Decimal.
1.      Number Format, digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Disini user dapat memilih opsi format data numeruk sesuai kebutuhan. Ada format Percentage untuk format persentase, dengan format jenis ini user dapat langsung menampilkan nilai persentase suatu data numerik tanpa perlu memasukkan rumus tertentu ke dalam cell.
2.      Accounting, digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang. Dengan format ini user tidak perlu sibuk lagi mengetik Rp (untuk rupiah). Seleksi daerah cell tertentu, lalu pilih salah satu opsi mata uang tertentu disini. Maka cell yang dipilih tadi akan menampilkan secara otomatis karakter mata uang.
3.      Percent Style, digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
4.      Comma Style, digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
5.      Increase Decimal, digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200 –> 1200,0 –> 1200,00 dan seterusnya.
6.      Decrease Decimal, digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari Increase Decimal. Bila dalam satu range terdiri dari angka desimal dengan separasi yang berbeda, user dapat menyeragamkannya dengan perintah ini. Misal, {3,9}{3,5}{8,12} maka setelah di-Increase Decimal akan menjadi {3,90}{3,50}{8,12} sehingga separasi desimal menjadi sepadan.
5.      Styles

Berfungsi untuk pemformatan cell. Dalam group ini terdapat 3 menu utama: (1) Conditional Formatting, (2) Format as Table, dan (3) Cell Styles.
1.      Conditional Formatting, digunakan untuk memformat cell sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam cell tersebut. User dapat memvisualisasikan data dalam cell secara langsung di cell yang bersangkutan. Jadilah visualisasi sederhana dari dari data dalam cell. User dipersilahkan memilih jenis visualisasi data yang diinginkan. Blok range data, klik Conditional Formatting ini, maka kondisi data akan tervisualisasikan di dalam cell itu sendiri.
2.      Format as Table, dengan menu ini user dapat memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
3.      Cell Styles, menu ini berfungsi untuk memformat suatu setiap cell sesuai sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya. Dengan nemu opsi ini user mendesain lembar kerja dengan cell yang terklasifikasi dengan menggunakan warna sebagai kode hierarki. Setiap warna dapat menjelaskan berbagai kondisi dan status dari tiap. cell. Bila menu Conditional Formatting bertugas untuk tujuan visualisasi data number saja di dalam cell, maka Cell Styles ini bertugas untuk men-setting cell tanpa melihat, apakah data number atau karakter. Sehingga user dapat memberikan klasifikasi cell dengan warna tertentu. Lagi-lagi user ditawari sebuah solusi untuk memberikan kesan bahwa ia bukanlah officer yang monoton, Kesan artistik dan estetik bisa didapat disini, tentunya prosedur yang ditawarkan disini sesuai dengan misi Microsoft sebagai aplikasi yang menitikberatkan efisiensi waktu bagi para user-nya.
6.      CellsMenu parintah di group Cells ini digunakan untuk melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja Excel. Dalam group ini terdapat 3 icon perintah: (1) Insert, (2) Delete, (3) Format.
1.      Insert, digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data. Ini sangat berguna bagi user yang merasa perlu menambahkan barisan sel atau kolom lagi di tengah data yang telah berjejer.
2.      Detele, dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif. Ini sangat berguna saat user merasa perlu menghapus barisan kolom maupun range data lainnya di tengah lembar kerja. Bila dalam masalah ini user menggunakan tombol Delete di keybord, maka yang akan terhapus hanya data dalam sel saja, sementara selnya tidak ikut terhapus. Dengan perintah Delete disini maka yang terhapus data dan sel terpilih secara bersamaan.
3.      Format, digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih. Dengan perintah ini user memungkinkan untuk mengatur lebar sel maupun lebar kolom yang terseleksi. Suatu kasus yang terjadi, misalnya sel sudah tidak dapat lagi menampung karakter yang ukurannya lebih besar dibanding ukuran sel tersebut. Persis seperti “gajah masuk kandang kambing.” atau “baju bayi dipakai dewasa bertubuh tambun.” Agar tidak seperti itu maka user perlu melakukan setting lebar kolom maupun sel.

MENU INSERT
Tab insert terbagi menjadi 11 group windows (jendela), dimulai dariTables, Illustrations, Apps, Charts, Report, Sparklines, Filters, Links, Text, Symbol dan disetiap group memuat beberapa icon yang semuanya berfungsi jika digunakan dengan benar.
tab insert.JPG
Penjelasan Menu Tab Insert di Microsoft Excel 2013
1.      Tables
Group ini berisi icon-icon yang berfungsi untuk membuat tabulasi data atau istilah saya adalah untuk membuat group data, ada beberapa icon didalam group tables:
1.      Privot Table, Disini terdapat dua icon perintah Pivot Table sendiri dan Pivot Chart. Pivot Table digunakan untuk menyisiipkan lembar kerja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris. Perintah ini digunakan untuk mengkompilasi atau mengelompokkan data sesuai dengan field atau judul tabel di alamat kolom atau di baris cell.
2.      Recommended Privot Tables, berfungsi untuk membuat privot table sesuai template yang telah disediakan oleh pengembang.
3.      Table, icon ini digunakan untuk menyisipkan tabulasi (table) dari data yang sudah dipilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk disortir atau disaring berdasarkan kriteria tertentu. baik dari urutan abjad A-Z atau Z-A, waktu dll.
2.      Ilustrations
Adalah sekumpulan icon yang digunakan untuk menyisipkan objek visual ke dalam lembar kerja. ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
1.      Pictures, berfungsi untuk menyisipkan gambar kedalam lembar kerja, sebagai pertimbangan kamu, karena excel bukanlah aplikasi untuk pengolah gambar, usahakan jangan melakukan insert gambar yang berukuran besar, karena dapat memperlambat proses kerja Ms, Excel.
2.      Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon picture, namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga kamu harus tersambung ke internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu kamu juga dianjurkan untuk login sesuai username yang telah kamu daftarkan di akun microsoft.
3.      Shapes, umumnya memiliki beberapa bentuk geometris yang berguna untuk menyiyisipkan bentuk-bentuk geomatris tersebut kedalam lembar kerja. (klik shapes pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini):
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifxDn6iqGS372bZa8cdU-P0qO7pDqkzI6-sHqNVZUfqn8NTg0hWwAukgzYL2Vx5NO1QWSNDfLpa6GH4eeWHJg1vGPtj_Q4BmVGOGRckA2XAgdFYwbEBwyNQQRCBeh87qNtfB6471LRYYjE/s1600/shapes.png
4.      SmartArt, berfungsi untuk menyisipkan objek hierarkis kedalam lembar kerja berdasarkan data yang telah di input, bentuk-bentuknya sudah ditetukan, kamu hanya perlu mengisi datanya saja. (klik SmartArt pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHI3Dsz5qy16HTK3Fe61ahFZESA_uyOOl0JGjBv7ntWzW6bmqIBYkMfUyV6pouCXoYtkw-6CYvo76kbiAEFwwygrR505AbRh2oDKbC8IijC5tPzamXAST1mDq12CahUzL5HKKwtfT11bxs/s1600/smartArt.JPG
5.      Screenshot, berfungsi untuk menangkap tampilan layar aktif pada windows untuk disisipkan kedalam lembar kerja, screensot defaul biasanya akan menampilkan seluruh halaman aktif (maximize), untuk membuat screenhot sesuai keinginanmu gunakan screen clipping (klik screenshot dan pilih Screen Clipping.
3.      Appsforoffice
Gunakan hanya jika kamu mempunyai aplikasi Microsoft Office premium
4.      Charts
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan data numerik kedalam grafik maupun bentuk grafik lainnya meliputi Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (scatter), Radar dan Combo. Chart hanya berfungsi jika ada data yang telah di input sebelumnya. (nanti akan dijelaskan). perhatikan gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn1gdFBqrcgqaXWKpPjhqcnvAGoYXnm3WruTOXxR-jNQGdt9A1mWJd2a-SPQBg9MkjaYuZG82oZF7Qh5r4jK5bTF_erPSPAvJASQqKoSjRMNepbmziFlOmcx5ZAlaCELrYRuoMtyxTyzxp/s1600/charts.JPG
1.      Privot Chart, fungsinya hampir sama dengan privot table, perbedaannya hanya pada tampilan, jika privot table mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu, maka privot chart mengelompokkan data untuk ditampilkan kedalam bentuk grafik.
5.      Reports
Berfungsi membuat lembar laporan kedalam bentuk yang lebih profesional, cara ini bisa digunakan dengan mengaktifkan Power View terlebih dahulu. selain itu agar fungsi ini dapat bekerja dengan baik, kamu harus mengintsal Silverlight di komputermu (ada pembahasan lanjut).
6.      Sparklines
Adalah kumpulan icon yang berfungsi untuk menampilkan mini chart kedalam cell. jadi Sparklines merupakan versi mini dari chart karena hanya membutuhkan ruang satu Cell saja. cara menggunakannya cukup mudah, namun tidak saya jelaskan disini, (ada pembahasan lanjut).
7.      Filters
Fungsi ini merupakan fungsi yang paling saya gemari, karena saya dapat membuat filtering data yang cantik, fungsi Slicer dan Timeline merupakan paduan dari privot tables yang memungkinkan kita untuk bisa membuat dashboard pengolahan data. (ada pembahasan lanjut)
8.      Link / Hyperlink
Adalah fungsi yang memungkinkan para pengguna untuk membuat link internal maupun ekternal dalam lembar kerja, link yang bisa di masukkan hampir tidak terbatas.
9.      Text
Adalah sekumpulan icon yang berfungsi untuk mengatur menyisipkan obyek dalam bentuk Text, ada beberapa fungsi yang di berikan, seperti, 
1.      Text Box, menyisipkan kotak yang berisi teks, fungsi ini tidak terikat oleh cell.
2.      Header & Footer, Lazimnya untuk menyisipkan obyek di atas dan dibawah halaman, header footer berfungsi untuk memberikan nomor pada halaman lembar kerja.
3.      WordArt, berfungsi untuk menyisipkan model text yang artistik, juga tidak terikat oleh cell.
4.      Signature Line, berfungsi menyisipkan tanda tangan digital (biasanya dalam bentuk teks) kedalam lembar kerja.
5.      Object, berfungi untuk menyisipkan obyek dengan mengintregasikan aplikasi lain kedalam lembar kerja, nah fungsi ini bisa digunakan untuk membuat barcode namun di komputer kamu harus terintasl aplikasi Corel Draw.
10.  Symbols
Kumpulan icon yang berfungsi untuk menyisipkan berbagai simbol kedalam lembar kerja. ada dua jenis simbol yang bisa dimasukkan.
1.      Equation, menyisipkan simbol-simbol matematika kedalam lembar kerja.
http://2.bp.blogspot.com/-3i5JWyeiMm8/VSC85oeLSgI/AAAAAAAAAoI/tmfPNr6Xmrs/s1600/aquation.JPG
2.      Symbol, menyisipkan simbol-simbol yan ada didunia kedalam lembar kerja.

MENU PAGE LAYOUT
Tab Page Layout pada umumnya adalah kumpulan-kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak maupun tampilan lembar kerja pada microsoft Excel, didalam Tab ini ada 5 group icon, diantaranya Themes, Page Setup, Scale to Fit. Sheet Options, Arrange, perhatikan gambar dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEih0i6AM8y3Pweo4dWLdRCXArrpZQH69fZ13y8cN90sud325vgpH6gE83F9ylTroNxinzAlGNnrQXUL6pZv2EaUiUVZZh2Q0st4_EU65696FzKc_1GDbpInkI-SNCZ7khFbJ6BO1ZBuNeOa/s1600/page+layout.JPG
Mari kita bahas satu persatu icon yang ada pada tiap-tiap group
Penjelasan Menu Tab Page Layout di Microsoft Excel 2013
1.      Themes
http://3.bp.blogspot.com/-nUloT_j8QxE/VSH3IZOhXCI/AAAAAAAAApE/Wm4aJGfvRFY/s1600/themes.JPG
Adalah sekumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja, tema yang terdapat pada microsoft excel ini masih bisa dicustom sesuka hati meskipun secara default sudah di sediakan oleh pihak pengembang, ada beberapa icon didalam group ini, diantaranya:
1.      Themes, untuk mengatur tampilan lembar kerja sesuai yang telah disediakan, baik font dan warna lembar kerja. Fitur ini dapat memberikan nuansa artistik selayaknya orang yang sudah profesional dalam hal desain layout, sehingga ketika di printout, dokumen menjadi semakin baik dalam segi pengaturan warna dan heading.
2.      Colors, untuk mengatur warna tema di lembar kerja. jika didalam tema yang telah disediakan belum membuat kamu puas (khusus warna), kamu bisa mengatur padua warnanya sesuai kesukaan kamu.
3.      Font, untuk mengatur jenis font (tulisan) tema di lembar kerja, jika font yang di berikan oleh themes belum pas menurutmu, kamu bisa mengubahnya lewat pengaturan ini.
4.      Effect, untuk mengatur efek shape yang digunakan pada lembar kerja. Biasanya shape yang digunakan secara default belum memuat unsur efek, dengan memakai fitur ini shape yang kamu masukkan didalam lembar kerja akan mempunyai efek seperti bayangan maupun efek 2d atau 3d.
2.      PageSetup
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTiP-3RgNRuykgcnKlrHAOYE4JpXeVbF6MklZBhXb9mV2lXnC2LPksCDE0u2WEWrxyonrh1F0DOfSVMMPpWKsTHriObr5GMYVUydCTjVljyK7_uy9QhH5vHNf6iUvaQG7Gnhyphenhyphen1Ea6PgwGM/s1600/page+setup.JPG
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman seperti Margin (ukuran sisi kanan, kiri, atas, bawah), orientation (letak lembar kerja portrait atau landscape), ukuran kertas, Print are dan lain-lain. Group ini merupakan fitur paling penting dalam membuat suatu dokumen atau lembar kerja agar sesuai antara tampilan di layar monitor dan printout, ada beberapa icon yang mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya:
1.      Margins, untuk mengatur ukuran lebar (batas) pada keempat sisi lembar kerja, sisi yang dimaksud adalah sisi kanan, kiri, atas dan bawah. didalam microsoft excel 2013 sebenarnya sudah di cantumkan setting default ukuran batas margin, namun kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan.
2.      Orientation, untuk mengatur posisi lembar kerja (kertas), apakah berdiri (portrait) atau tidur (landscape)
3.      Size, untuk mengatur ukuran lembar kerja sesuai dengan dokumen yang akan dibuat, sebagai pertimbangan, jika kertas yang kamu gunakan untuk printout adalah kertas A4, maka atur size didalam Excel kamu menjadi A4 juga.
4.      Print Area, untuk menentukan lembar kerja yang akan di print didalam sheet aktif sesuai kebutuhan kamu, dengan fitur ini jika kamu hanya ingin melaukan printout pada bagian tertentu dalam sheet aktif, maka fitur ini bisa membantumu.
5.      Breaks, digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya.
6.      Background, untuk menyisipkan gambar di latar belakang pada lembar kerja
7.      Print Titles, digunakan untuk mencetak baris atau kolom judul pada setiap page/halaman pada jumlah lembar yang banyak, sehingga tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar pada M.S Excel.
3.      ScaletoFit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEV4vqDxOcQUlDrfetusaqydKYRErov_BIK4YPzhWKwPM9Oa9X_iZoRTE2BeHkyi_rz96f17jEDJ3xLQ52tabA6N-FtAmXBxaDRFcMCsu9dEPToahoglhYLNfsyhU9Ld3zeg84sZI6_bm9/s1600/scale.JPG
Adalah Kumpulan perintah yang berfungsi untuk mengatur Lebar, tinggi dan skala dalam lembar kerja. Didalam group ini telah disediakan pengaturan secara otomatis, namun masih bisa untuk di customisasi. Scale to fit termasuk kedalam group Page Setup, namun pihak pengembang aplikasi menaruhnya di ribbon agar memudahkan kita dalam bekerja.
4.      Sheet options
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimJS1FDsPPMMR7CQncQE38tF-5GdvmgZ-JN2ViXcgnZ6CdXscvhxII3SaMEbKYESxjsX7xZq5WMiYdL7k1DO_rb0yqMSRFm8WhDTaDOQ-xFZOXBoqfbQ8tJPHTG0cySdOkzkzuaYSz7Rbt/s1600/sheet.JPG
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu sheet. perhatikan gambar diatas:
1.      Gridlines, adalah garis bantu yang ada didalam lembar kerja, garis bantu tersebut bisa dihilangkan dengan menghilangkan centang View di bawah Gridlines, Seperti sifatnya yang merupakan garis bantu, secara default garis tersebut tidak ikut keluar jika di printout, namun jika kamu ingin menampilkannya di printout, centanglah kotak Print dibawah Gridlines.
2.      Heading, adalah huruf berurutan (atas) dan angka berurutan (samping kiri) yang berguna untuk memberikan alamat pada satu cell. untuk menghilangkannya dari tampilan monitor, klik kolom view dibawah heading. Secara default heading tidak keluar jika diprintout, namun jika kamu ingin menampilkannya pada hasil printout, silahkan centang kolom print dibawah heading.
5.      Arrange
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv2lL8eOQFFhlrywZhYTfjKwaMiiS1sNduSY2k_tD3ip6uN4ZjWlxxPJb7g5nSzOZE5iC1hjMrfnr496eUVnielPMSyBmF2BUtOOLLc-8Sr6tpHu0SEOBs5G6eBVGXBfSogGbzt22BCYa5/s1600/arange.JPG
Adalah kumpulan icon aktif yang memiliki fungsi untuk mengatur letak  posisi objek di antara teks, posisi objek dengan objek lainnya, mengatur aliansi objek di halaman dokumen. 
MENU FORMULA
Tab Formula merupakan menu inti didalam mengelola aplikasi Microsoft Excel, karena dibagian menu inilah fungsi utama dari Excel lebih ditonjolkan, perlu kita ingat bahwa aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data aritmetika dan statistik, jadi penekanannya lebih pada bidang numerik.

Fungsi dari Tab Formula pada umumnya adalah kumpulan group icon aktif yang bisa menjalankan perintah sesuai fungsinya masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcxXq6xTMnTvFSYjgx8RD8SIyJeG8xlcl1RnbnWjqbWlcyCPzGK6n3EoHnZQ1RjmZKGjCSZsskluQm1YRVcqGpYVpTnwY4LALl5IN8BbFb_YEbpCnUzxHMaZgyYY6wqri6R3ZzhD_fde1O/s1600/tab+formula.JPG

Dari gambar diatas bisa dijelaskan bahwa tab formula berisi 4 group icon diantaranya
 Function Library, Defined Name, Formula Editing danCalculation, dari masing-masing group masih memiliki icon-icon aktif yang akan kita bahas satu persatu.
Penjelasan Menu Tab Formula di Microsoft Excel 2013
1.      FunctionLibrary
Pada umumnya Group ini berisi kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk memasukkan formula (rumus) kedalam lembar kerja, mungkin Group inilah yang akan saya jelaskan panjang lebar nantinya, karena rumus-rumus yang ada di Excel lumayan banyak, saya akan menulisnya di artikel selanjutnya. Perlu diketahui, Group ini juga memiliki beberapa icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, seperti:
1.      Insert Function, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula (rumus) kedalam cell.
2.      Autosum, berfungsi untuk melakukan penghitungan cepat, namun secara default fungsi ini hanya untuk formula SUM atau diartikan tambah (+), AVERAGE (rata-rata) MAX (nilai terbesar), MIN (nilai terkecil), dan COUNT (total angka). 
3.      Recently Used, berfungsi untuk menggunakan formula yang pernah atau sering digunakan, rumus-rumus yang pernah kamu gunakan akan terecord disini.
4.      Financial, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula (rumus) keuangan.
5.      Logical, berfungsi untuk emasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan logika, seperti IF (jika).
6.      Text berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan teks
7.      Date & Time, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan waktu.
8.      Lookup & Reference, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan lookup (melihat) dan referensi.
9.      More Function, berfungsi untuk memasukkan fungsi-fungsi formula lain sesuai kebutuhan.
2.      DefinedName
Secara umum berfungsi untuk memberikan nama pada satu atau beberapa cell yang ada di sheet, pada settingan defaul nama cell akan selalu mengikuti Headings, semisal cel terletak di headings A1 maka nama cell yang digunakan juga A1, namun dengan Defined Manager cell bisa dinamai sesuai keinginanmu, ada beberapa icon dalam group ini:
1.      Name Manager, Icon yang berfungsi membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook, jika sebelumnya kamu pernah menamai cell, dengan meng klik icon ini maka akan ditampilkan nama-nama tersebut.
2.      Define Name icon yang berfungsi untuk memberikan nama pada cell
3.      Use in Formula memilih nama yang sebelumnya sudah digunakan di workbook dan menggunakannya pada formula di cell
4.      Create From Selection, icon yang berfungsi untuk membuat nama sel secara otomatis.
3.      FormulaAuditing
Secara umum berfungsi untuk menampilkan dan memeriksa serta melakukan edit formula yang digunakan pada suatu cell, ada beberapa icon dalam group ini:
1.      Trace Precedent berfungsi untuk memperlihatkan cell yang dipengaruhi oleh cell lain dengan tanda panah.
2.      Trace Dependent berfungsi untuk memperlihatkan cell yang berpengaruh terhadap cell lainnya dengan tanda panah.
3.      Remove Arrows berfungsi untuk menghilangkan tanda panah yang sebelumnya telah dibuat dengan fungsi Trace Precedent dan Trace Dependent.
4.      Show Formulas (Ctrl+`) berfungsi untuk menampilkan formula pada setiap sel yang menggunakan formula.
5.      Error Checking berfungsi untuk memeriksa formula yang salah
6.      Evaluate Formula Adalah icon yang menampilkan kotak dialog yang berisi tentang step by step cara kerja formula.
7.      Watch Window adalah icon yang menampilkan kotak dialog yang berfungsi untukmengawasi nilai beberapa cell saat dilakukan perubahan pada lembar kerja.
4.      Calculation
Secara umum berfungsi untuk melakukan kalkulasi angka pada workbook, ada beberapa icon dalam group ini:
1.      Calculation berfungsi untuk menentukan kapan kalkulasi dilakukan
2.      Calculate Now berfungsi melakukan kalkuasi semua workbook saat di klik
3.      Calculate Sheet berfungsi melakukan kalkulasi pada sheet aktif saat di klik
MENU DATA
Fungsi dari Tab Data pada umumnya adalah kumpulan icon-icon aktif yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari data ekternal. salah satu kelebihan microsoft excel ini adalah mampu mensinkronisasi data dari workbook dengan data dari workbook lain, sehingga mampu mengolah data lebih detail dan lebih mudah. perhatikan gambar dibawah ini

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5Q-er9D_Qux8Sf16URmT7mSoOJNs1OCkeg1reslEaOcHyGvt8hRqwZpjqbuAdIk60ydpWe_LN1h2aMUbNsUwnN42ApGlAEXrBkCh0QdlZmJ_eR1uqj-RxRWRHV_tJsj_XISQoOeDXKNON/s1600/data.JPG

dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab Data terbagi menjadi 5 group icon, diantaranya adalah Get External Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, dan Outline. Seperti biasa Mas Trigus akan membahasnya satu persatu agar dapat dipahami dengan mudah.
Penjelasan Menu Tab Formula di Microsoft Excel 2013


1.      GetExternalData
Adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk mengambil data dari data eksternal untuk kemudian diolah kedalam dokumen lembar kerja Excel, group ini memiliki beberapa icon aktif, diantaranya:
1.      From Acces, berfungsi untuk memasukkan data dari Microsoft Acces.
2.      From Web, berfungsi untuk memasukkkan data dari Web, salah satu syarat agar dapat digunakan dengan melalui online.
3.      From Text, berfungsi untuk memasukkan data dari teks
4.      From Other Sourches, berfungsi untuk memasukkan data dari sumber lain, sumber-sumber itu bisa dari From SQL Server, From Analysis Services, From Windows Azure Marketplace, From OData Data Feed, From XML Data Import, From Data Connection Wizard, From Microsoft Query. Mas Trigus akan menjelaskan satu-persatu dari cara mengunakan data dari eksternal pada lain kesempatan.
5.      Existing Connections, berfungsi untuk memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan sebelumnya.

2.      Connections
Adalah kumpulan icon aktif yang berguna untuk mengolah data-data yang sudah di ambil (sinkron) sebelumnya, lebih gampangnya group ini adalah fungsi pendukung dari group Get External Data. beberapa icon aktif dari group ini adalah:
1.      Refresh All, berfungsi untuk menyegarkan data-data yang sudah disinkronkan dari sumber lain sebelumnya. Perlu kamu ketahui, biasanya data dari sumber lain yang sudah diupdate datanya tidak langsung terbaca oleh lembar kerja kita, hal mudah agar semua tersinkron dengan baik adalah dengan melakukan refresh.
2.      Connections, berfungsi untuk menampilkan semua koneksi yang ada di workbook sehingga kita tau dari mana saja sumber-sumber data yang telah me link ke workbook.
3.      Properties, berfungsi untuk melakukan pengaturan atau spesifikasi pada koneksi pada workbook.
4.      Edit Link, berfungsi untuk melakukan edit pada link yang telah dibuat, semisal kita ingin melakukan perubahan link pada sumber lain, kita bisa memakai icon ini.
3.      Sort&Filter
Berfungsi untuk melakukan pengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang kamu diharapkan, group ini mempermudah pengguna untuk melakukan penyajian data agar lebih mudah untuk dipahami. Beberapa icon aktif yang ada di group ini adalah:
1.      Sort A to Z, mengurutkan data yang ada di cell dari yang terkecil ke yang terbesar atau dari abjad A ke abjad Z, dari huruf 1 sampai huruf  9 (dan yang lebih besar.
2.      Sort Z to A, kebalikan dari sort A to Z, yaitu untuk mengurukan data dari terbesar ke yang terkecil.
3.      Sort, berfungsi untuk menampilkan dialog pengaturan sort yang lebih lengkap.
4.      Filter, berfungsi untuk melakukan penyaringan data di cell sesuai yang diinginkan.
5.      Reapply, berfungsi untuk melakukan filter ulang kembali.
6.      Advanced, berfungsi untuk melakukan filter lebih spesifik.
4.      DataTools
Pada umumnya berfungsi untuk melakukan pengolahan data di cell, beberapa icon aktif pada group ini adalah:
1.      Text to Columns, berfungsi untuk melakukan pengolahan tekt didalam cell untuk dipisahkan sesuai format yang ada, semisalnya didalam satu cell ada tulisan seperti ini "Mas Trigus Ganteng" maka tulisan tersebut dapat dipecah menjadi 3 cell dengan menggunakan format spaci sebagai pemisahnya. icon ini sangat diperlukan ketika kita melakukan copy paste tulisan dari word, text dll.
2.      Flash Fill, berfungi untuk menggabungkan dua kata didalam 2 cell menjadi 1 cell, fungsi ini sangat penting untuk digunakan menggabungkan nama lengkap yang terpisah dalam beberapa cell menjadi nama lengkap didalam satu cell. biasanya kamu bisa menggunakan formula CONCACENATE, namun Flash Fill bisa kamu gunakan lebih mudah lagi.
3.      Remove Duplicate, berfungi untuk menghilangkan value ganda atau baris yang terduplikasi.
4.      Data Validation, melakukan cek dan mencegah data yang tidak sah (valid) didalam cell.
5.      Consolidate, berfungsi untuk menyatukan beberapa range kedalam satu range.
6.      What-If Analysis, berfungsi untuk mencoba beberapa alternatif nilai pada formula.
5.      Outline
Pada umumnya berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana, ada 3 icon aktif didalam group ini:
1.      Group, berfungsi untuk mengelompokkan beberapa baris cell  panjang menjadi kelompok yang lebih pendek.
2.      Ungroup, kembalikan dari group, berfungsi untuk menampilkan baris data yang sebelumnya sudah di group.
3.      Subtotal, berfungsi untuk menghitung total beberapa baris data yang berhubungan.

MENU REVIEW
Fungsi Tab Review secara umum adalah icon aktif yang berfungsi untuk memeriksa ejaan penulisan, menterjemahakan bahasa penulisan kedalam bahasa lain, memberikan catatan (penjelasan) didalam cell dan melindungi (protect) cell, sheet maupun workbook dengan password, untuk selanjutnya mas trigus akan membahas lebih detail bagaimana cara melindungi data excel kamu agar aman.

Didalam menu bagian Review ini terbagi menjadi beberapa group icon aktif yang memiliki fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXuhx4NvSbrk78QoBDEKR3TT2lfSZgsl_oLt4OLHlrO2LkfNGpWYELnYy_xBG0712LNqmAdyllEk8Ux3kAN0yaAB1dN-DrIFSN3JKe7RvxjJMRNp0TRpq5Am4ntMBZv7YFyTAzLzEq1tbG/s1600/review.JPG
Tampilan Tab Review
Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab Review memiliki 4 group icon aktif, diantaranya Proofing, Language, Comment danChanges. Seperti biasanya Mas Trigus akan menjelaskannya satu persatu fungsi dari masing-masing icon.
Penjelasan Menu Tab Review di Microsoft Excel 2013
1.      Proofing
Berfungsi untuk melakukan control bahasa yang digunakan didalam sheet, baik untuk mengecek kesalahan penulisan , mencari arti kata (terjemah), dan mencari kata dari data lain. ada 3 icon aktif, diantaranya:
1.      Spelling, berfungsi untuk mengecek ejaan teks yang benar sesuai kamus di microsoft excel 2013, secara default kamus yang telah disediakan berbahasa inggris, namun kamu dapat melakukan penambahan bahasa indonesia.
2.      Research, berfungsi menampilkan kotak dialog (terletak dikanan jika diklik) kamus untuk dijadikan refernsi penulisan ejaan yang benar.
3.      Thesaurus, berfungsi untuk menampilkan alternatif kata dari teks yang diketikkan di cell.

2.      Languange
Berfungsi untuk menterjemahkan kata-kata yang telah di masukkan didalam cell, dari bahasa satu ke bahasa lain, kamu harus menginstal kamus bahasa indonesia terlbih dahulu didalam excel jika ingin menterjemahkan kata kedalam bahasa indonesia.
3.      Comment,
Berfungsi untuk menyisipkan komentar atau catatan didalam cell, icon ini sangat berfungsi sekali jika kamu sedang membuat dokumen untuk digunakan orang lain agar dapat mengoperasikan dokumen sesuai maksud kamu. ada beberapa icon diantaranya:
1.      New Comment, berfungsi untuk menambahkan komentar baru didalam cell yang belum ada komentarnya.
2.      Delete, berfungsi untuk menghapus komentar yang ada di cell (jika sebelumnya sudah dimasukkan).
3.      Previous, berfungsi untuk melihat komentar sebelumnya.
4.      Next, berfungsi untuk melihat komentar selanjutnya.
5.      Show/Hide Comment, berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus diklik atau mendekatkan cursor.
6.      Show All Comment, berfungsi untuk menampilkan semua komen yang telah dibuat agar tampil tanpa harus di klik atau mendekatkan cursor.
7.      Show Ink, menampilkan atau menyembunyikan ink didalam cell.
4.      Changes
Berfungsi melindungi sheet atau workbook dengan password sesuai kriteria yang diinginkan oleh user, ada beberapa icon aktif didalam group ini:
1.      Protect Sheet, berfungsi untuk mengunci Sheet dengan password.
2.      Protect Workbook, berfungsi untuk mengunci workbook dengan password.
3.      Share Workbook, berfungsi untuk berbagi workbook sehingga memungkinkan untuk di edit oleh beberapa orang.
4.      Allow User to Edit Ranges, berfungsi untuk memberikan hak akses kepada pengguna lain untuk bisa melakukan editing range.
5.      Track Changes, berfungsi untuk untuk menelusuri perubahan yang dilakukan jika worbook digunakan bersama-sama.

MENU VIEW
Fungsi Tab View pada umumnya adalah kumpulan icon aktif yang berfungsi untuk melakukan view (melihat tampilan) excel untuk disesuaikan dengan hasil printout, memperbesar tampilan lembar kerja (zoom in dan zoom out), menampilkan lembar kerja sesuai keinginan, dan untuk melakukan properti lembar kerja dengan fasilitas Visual Basic (VBA).

Ada beberapa group icon aktif didalam Tab View yang mempunyai fungsi masing-masing, perhatikan gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJw9FkQjbD12tW0vQUst5VXZrNRYAcJV0NwQa3RitGY0l6Lb0sYHe4YbO16y88fsq_0C2IY-UnbY0qKKPfquUwfDIFU8OpgSN5QXLeG7g90tjIKoWjBBtFzgXIJpUCon6_dY28brIHHpc9/s1600/View.JPG

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa Tab View mempunyai 5 Group diantaranya: Workbook View, Show, Zoom, Window danMacros. Seperti biasanya Mas Trigus akan menjelaskan fungsi dari masing-masing icon:
Penjelasan Menu Tab Review di Microsoft Excel 2013
1.      WorkbookViews
Berfungsi untuk melihat tampilan workbook sesuai yang diinginkan user, tampilan ini juga membantu untuk melihat tampilan lembar kerja sebelum di print out, ada beberapa icon aktiof didalam group ini:
1.      Normal, berfungsi untuk melihat tampilan workbook secara normal (default)
2.      Page Break View, berfungsi untuk melihat tampilan workbook dengan garis pemisah antar halaman satu dan selanjutnya. halaman aktif yang ikut terprint pada umumnya berwarna putih, sedangkan halaman yang tidak ikut terprint berwarna abu-abu.
3.      Page Layout, berfungsi untuk menampilkan lembar kerja berdasarkan lembar masing-masing. tampilan ini akan sesuai ketika lembar kerja telah di print out.
4.      Custom Views, berfungsi untuk menampilkan, menambah dan menyimpan hasil settingan.
2.      Show
Pada umumnya berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan garis, kotak formula, kotak heading didalam lembar kerja, sebenarnya fungsi ini sudah ditampilkan di Tab Page layout didalam group Sheet Options. 
1.      Ruler, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan garis.
2.      Gridlines, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan garis bantu lembar kerja.
3.      Formula Bar, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan kotak formula.
4.      Heading, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan kotak heading (1 dst dan A dst).
3.      Zoom
Pada umumnya berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja sesuai keinginan user, beberapa icon aktif didalam group ini adalah:
1.      Zoom, berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan sesuai keinginan user, ketika di klik akan tampil dialog pilihan ukuran zoom, diantaranya 200%, 100%, 75%, 50%, 25%, Fii selection (sesuai lebar windows) dan Custom (sesuai keinginan user).
2.      100%, berfungsi untuk mengembalikan tampilan ke ukuran 100% dengan satu kali klik.
3.      Zoom to Selection, berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan sesuai dengan bidang seleksi cursor.
4.      Windows
Pada umumnya berfungsi untuk mengelola tampilan lembar kerja agar menyesuaikan tampilan windows dan membuat dokumen baru, ada beberapa icon aktif, diantaranya:
1.      New Windows, berfungsi untuk membuat jendela baru (dokumen baru).
2.      Arrange All, berfungsi untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan.
3.      Frezee Panes, berfungsi untuk membuat sebagian lembar kerja tetap terlihat saat melakukan scrool mouse (menggulung).
4.      Split, berfungsi untuk membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian.
5.      Hide, berfungsi untuk menyembunyikan lembar kerja yang telah dipilih.
6.      Unhide, berfungsi untuk menampilkan lembar kerja yang telah di sembunyikan.
7.      View Side by Side, berfungsi untuk menampilkan 2 atau lebih workbook (jendela lembar kerja aktif) secara berdampingan.
8.      Sychronous Scrolling, berfungsi untuk mensinkronkan 2 lembar kerja agar dapat menggulung bersamaan saat di scrool.
9.      Reset Windows Position, berfungsi untuk memposisikan ulang jendela lembar kerja yang berdampingan.
10.  Switch Windows, berfungsi untuk memindahkan dari satu jendela aktif ke kendela aktif lainnya.

5.      Macros
Berfungsi untuk memperlihatkan Macros pada lembar kerja. untuk penjelasan macros, saya usahakan untuk membahasnya sendiri.

No comments:

Post a Comment